Sunday, 4 December 2016

Wisata Edukasi ke Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi

Pagi ini sekitar pukul 9 di kawasan Kaliurang, Yogyakarta, angin dingin masih bisa terasa segar menyapa wajah dan sesekali masuk melalui pori-pori kulit dan memberi kesegaran yang menyejukkan. Siapa yang belum pernah mendengar "gunung Merapi"? Tentunya, pernah mendengar tentang gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung api yang aktif di pulau Jawa. Ya, gunung Merapi yang terletak di sebelah Utara kota Yogyakarta ini tetap menjadi misteri dan sekaligus menjadi obyek wisata edukatif kalau sedang berkunjung ke Yogyakarta.


Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Sampai di pelataran museum Gunung Merapi (MGM), kita akan disambut dengan parkiran yang luas dan bangunan menyerupai limasan, nah pintu masuk di bagian depan ada loket pembelian tiket masuk ke MGM. Harga tiket yang relatif murah, hanya 5,000 rupiah dan informasi yang bisa kita dapat setelah berkunjung ke museum tersebut lebih dari 5,000 rupiah. Ayuk ke Museum Gunung Merapi!

Rombongan Sekolah ke MGM

Pagi ini bersamaan dengan rombongan dari sekolahan yang menjadikan museum Gunung Merapi menjadi salah satu tujuan study tour nya. Dan memang benar, wisata edukasi di MGM ini bisa dijadikan alternatif kunjungan sekolah saat ke Jogja. Tentunya, selain MGM, ada wisata candi yang banyak dijumpai di wilayah Sleman ini. Rombongan anak sekolahan ini pun seperti kami, mereka berkumpul untuk mendengarkan penjelasan pemandu tentang informasi yang ada di museum Gunung Merapi ini. Kalau untuk tugas sekolah merangkum info dari diorama yang ada di MGM, rasanya pas sekali.

Teater Museum Gunung Merapi

Yang menarik selain informasi seputar kegunungapian, juga bisa menonton teater di dalam museum Gunung Merapi ini. Film berdurasi 10 menit yang menceritakan tentang awal erupsi sampai seperti apa bencana yang ditimbulkan oleh gunung Merapi. Menyaksikan kebesaranNya yang dilewatkan melalui gunung Merapi.

Morfologi Puncak Gunung Merapi

Gambar-gambar dari diorama yang ada di museum Gunung Merapi menyajikan data dan informasi yang mudah dipahami, bahkan untuk anak setingkat Taman Kanak-Kanak untuk mengedukasi tentang apa itu gunung berapi. Gambar-gambarnya secara visual menarik dan mudah dipahami tentang informasinya. 


Selain menjadi objek wisata edukatif, bangunan museum Gunung Merapi ini tergolong luas dan nyaman untuk tamasya bersama keluarga. Pencahayaan yang bagus juga bagus untuk foto-foto lho. Ada bagian informasi dan leaflet yang bisa dibawa pulang juga untuk menjadi bahan bacaan. Tenang saja, di museum Gunung Merapi ini ada kantin yang menjual makanan snack dan minuman ringan sehingga tidak usah kawatir bakal kehausan setelah berkeliling dari lantai 1 dan lantai 2 dari museum Gunung Merapi ini.

Seru-seruan Foot Step

Rugiii kalau kita lagi liburan atau piknik atau tamasya trus tidak meninggalkan foot print alias jejak. Foot printnya bisa berupa foto-foto yang bisa mengingatkan kita bahwa pernah bepergian ke tempat tersebut, bisa menjadi cerita dan bisa menjadi kenangan. 

 Mitologi Gunung Merapi

Setelah cerita tentang yang berbau edukatif di atas, kini saatnya menceritakan bagian-bagian mistis tentang gunung Merapi yang bisa dijumpai di museum Gunung Merapi. Seperti salah satunya diorama yang menggambarkan tentang cerita mitologi gunung Merapi dan laut Selatan. Nah, penasaran kan? Silahkan datang ke museum Gunung Merapi ya!'

Bagaimana untuk bisa menuju ke museum gunung Merapi?
  • Dari Jogja, jalan Kaliurang menuju ke arah kaliurang, sebelum gardu bayar tiket masuk Kaliurang, belok ke kiri.
  • Dari Jogja melalui jalan Kaliurang, sampai di rumah sakit Panti Nugroho, ambil jalan lurus lalu belok kiri. Nanti pas pom bensin kiri jalan, ada plang ke kanan menuju ke museum Gunung Merapi. 
  • Dari arah selatan, sebelum Pakem, ada jalan ke kiri menuju ke kali boyong dan museum Gunung Merapi searah dengan kita mau ke hotel Griya Persada.
Semoga membantu ya!

7 comments:

  1. Di jogja meski sempit, meski sibuk, tapi penuh dengan tempat piknik ya manda. Termasuk museum berjejal di sana. Dan museum merapi memang jendela bumi belajar geografi dr SD-SMA dirangkum ++

    ReplyDelete
  2. Kangen Merapi , dulu pas kesana bareng Manda tapi gajadi masuk

    ReplyDelete
  3. Asik kali yah liburan sama anak kesana, semoga bisa kesana

    ReplyDelete
  4. 5000??murah bangetttt tapi pulangnya dapet banyak cerita

    ReplyDelete
  5. Murah banget tuh. Dapet ilmu dan pengalaman lagi.

    ReplyDelete
  6. Wah seru.. Belum pernah kesini. Kudu masuk wish list nih.. Makasih sharingnya Manda...

    ReplyDelete
  7. wah, asyik ya, aku belum pernah kesini.

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D