Friday, 28 July 2017

8 Aktivitas Liburan di Pulau Pasir Burung, Leebong Island, Belitung

Gazebo di Pulau Pasir Timbul aka Pulau Pasir Burung

Merencanakan liburan ke Pulau Belitung, jangan lupa memasukkan Pulau Leebong dalam daftar tempat wisata yang harus sahabat tamasyaku kunjungi. Untuk bisa menuju ke Pulau Leebong, cukup menuju ke dermaga Tanjung Ru yang kurang lebih ditempuh selama 1,5 jam dari bandar udara Tanjung Pandan, HAS Hanandjoeddin.

Baca juga : Liburan Seru di Pulau Leebong

Dermaga Pulau Pasir Burung

Penasaran tentang Pulau Pasir Timbul atau Pulau Pasir Burung?


Itu pertanyaan yang terbersit di benak Manda, yang waktu itu membayangkan Pulau Pasir Timbul ini seperti pantai yang ada di Gunung Kidul. Ternyataaaaa ....

Allohu Akbar. 

Begitu sampai di dermaga Pulau Pasir Burung, tidak lain dan tidak bukan, yang bisa dilihat hanyalah pasir putih, yang ketika kita injak, haluuuuuussss sekali seperti gula pasir atau bahkan seperti tepung pasir. Lagi-lagi,

Berperjalananlah supaya bisa mengagungkan asmaNya dengan melihat ciptaanNya yang begitu indah. Berperjalananlah supaya bisa belajar pada alam, dan membaca setiap tanda-tanda kuasaNya. (Manda, 2017)

Pulau Pasir Timbul aka Pulau Pasir Burung

Bagaimana cara ke Pulau Pasir Burung?

Tenang saja, setelah mendarat di bandar udara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Jalur darat dari Tanjung Pandang sampai ke Tanjung Ru dapat diakses dengan lancar, jalan mulus dan dengan mulia rental belitung, perjalanan menuju ke Pulau Leebong pun mudah. Di Pulau Leebong ini, ada paket daytrip dan salah satunya menuju ke Pulau Pasir Burung atau Pulau Pasir Timbul.

Setelah kurang lebih 20 menit berlayar dengan speedboat dari Pulau Leebong, Kami sampai juga ke Pulau Pasir Burung yang masih berada di dalam wilayah Pulau Leebong. Di sepanjang perjalanan menggunakan speedboat, kita bisa seseruan menikmati angin yang menyapa wajah, sesekali percikan air laut yang naik dari sisi kapal, dan mengambil beberapa foto berlatar laut Belitung yang aduhai tenang seperti danau.



Manda Panda, Leebong 2017

Behind the scene dari cerita perjalanan kami di Belitung akan ada di cerita selanjutnya.

So, don't miss it!

Perjalanan menuju Pulau Pasir Timbul sore itu ditemani gerimis kecil yang memang sudah turun sejak kita menginjakkan kaki di Negeri Laskar Pelangi ini. Tetapi, mendung, gerimis dan bahkan hujan tidak menyurutkan semangat kami untuk mengobati rasa penasaran tentang sebuah pulau di Pulau Leebong yang memiliki banyak nama.

Mulai basah begitu turun dari dermaga untuk menuju ke Pulau Pasir Burung

Pulau Pasir Timbul, dinamakan Pulau Pasir Timbul karena pulau pasir ini hanya timbul atau muncul saat laut sedang surut. Dan kurang lebih pukul 2 siang ini, waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pulau Pasir Timbul dan seseruan di sana. Pulau Pasir Burung, dinamakan Pulau Pasir Burung karena di pulau pasir ini sering banyak terlihat burung-burung yang singgah untuk sekedar mampir atau memang tinggal di sini.

Pulau Pasir Timbul yang memesona dari lensa Nikon by @EltonSatrianto

Turun di dermaga Pulau Pasir Timbul ini, dan takjub! Setelahnya, tidak bisa berhenti mengacungkan kamera dan mulai mengambil jepretan dengan kamera ZenFone Zoom S di tangan.

Manda dan #ZenFoneZoomS_ID #BuiltForPhotography

Di Pulau Pasir Burung ini, tersedia fasilitas untuk seseruan, seperti : hammock, ayunan, gazebo, dan paddle board. Kesemuanya akan bisa kita nikmati sebagai bagian dari daytrip dari wisata Pulau Leebong. Perjalanan ke Pulau Pasir Burung ini, sungguh membuat Manda bahagia.

Pilih mana? Hammock atau ayunan?

Saking girangnya, levitasi di dermaga Pulau Pasir Burung 

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Pasir Burung?

Jepretan Panda di Pulau Pasir Burung

1. Menjadi Model Dadakan.

Dari dermaga Pulau Pasir Burung ini, pemandangan menakjubkan menghipnotis kita untuk menikmati pulau ini sesaat. Lensa kamera pun tak ketinggalan memberikan andil untuk mengabadikan setiap moment yang ingin di capture dalam sebuah gambar.

Ya, demikian indahnya Pulau Pasir Burung ini sehingga Manda pun terdengar berlebihan dalam menggambarkannya. Dari foto di atas, aktivitas paling menarik bagi seorang Manda adalah menjadi model dadakan Panda, asyikkkk.

Pasir, Pantai, dan Piscesgirl

Pisces girl, Cancer boy, demikian kami, satu ikan dan satu kepiting. Tak heran jika pantai adalah habitat kita, lebih memilih mantai daripada muncak.

Berulang-ulang seperti ombak menyapa pantai, seperti itulah gambaran sepasang insan berumah tangga, saling mengisi dan melengkapi. 

Dan ternyata sempat membuat mewek Manda ketika melihat kembali kamera Panda yang penuh dengan foto candid Manda. Terima kasih ya, sampai hari ini membawaku serta di hatimu. Demikian aku, berusaha menjaga apa yang harus aku jaga, sejak janji suci menjadi istri di hadapan Tuhan.


Nah nah nah, jadi melow bahagia deh, campur aduk perasaannya saat menuliskan sebuah cerita yang berkesan mendalam di dalam hati. Dan kembali lagi yuk, kita intip aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Pasir Burung ini, selain menjadi model dadakan. hahahaha.

Foto by Panda @eltonsatrianto

2. Mencari Objek Fotografi


Cara Panda melakukan foto candid adalah membawa kamera dan modus menjaga Manda

Liburan adalah cara orang untuk sejenak membebaskan diri dari rutinitas. Keluar dari rutinitas, artinya melakukan segala hal yang bisa menyenangkan hati, misalnya : fotografi. Meskipun termasuk pemula di bidang fotografi, Panda mempunyai hobi yang berurusan dengan kamera. Hasil fotonya akan tayang di www.zonafotografi.com dan di sini, Manda sempat ambil juga candidnya Panda sewaktu mencari objek untuk difoto.

Love you more, Panda.

3. Bermain Ayunan


Berayun-ayun di atas pasir di Pulau Pasir Burung

Di Pulau Pasir Burung ini yang ada hanya bahagia. Menjadi kanak-kanak dan bermain. Demikian rasanya liburan yang bisa dirasakan di Pulau Leebong ini. Eij Ai Pi Pi Way di Pulau Pasir Burung!

Bermain ayunan adalah cara kita menyapa angin. Saat mulai mengayun, angin akan segar menyapu wajah kita dan bahagia itu sederhana. (Manda, 2017)


4. Bermalas-malasan di hammock

Seperti ini rasanya liburan, menikmati suasana yang tidak ada di rutinitas. Bobok-bobok manjah di hammock di tepi pantai, beralaskan pasir dan sesekali angin datang menyapa. Subhanalloh, di dunia saja kita merasa lena dengan kenyamanan ini, terlebih nanti di surga ya.

Bergegas yuk berbuat baik sebisa kita untuk menyiapkan bekal yang kekal di akhirat nanti. Tetiba menjadi melow karena memang diluasnya Pulau Pasir ini, sungguh tidak terbayangkan sebelumnya ada pulau yang memang hanya terbentuk dari pasir saja.

Foto by @utamiisharyani

Panda lagi nyante di pante
Bagaimana tidak berjilid-jilid coba tulisannya, semua yang terekam di memory selama liburan di Pulau Leebong, Belitung ini, semuanya berkesan. Setiap tempatnya berkesan dan memberikan cerita yang tidak habis-habisnya.

5. Bermain Pasir

Filosofi ikan dan kepiting yang mempunyai habitat yang sama, di air. Karenanya, pantai adalah tujuan wisata yang menjadi favorit kami. Nah, di setiap pantai yang berpasir, ternyata pasirnya berbeda-beda setiap daerahnya. Ada yang pasirnya seperti pecahan karang, pasirnya seperti serpihan, pasirnya berbentuk bulat dan benar-benar bulat seperti cetakan, dan ada yang lembuuttt banget seperti yang kami rasakan di pulau Pasir Burung ini.

Menimang tepung pasir, pasirnya memang sehalus tepung

Melukis cinta kita di atas pasir, sehingga akan selalu baru terus setelah tersapu ombak

Foto-foto candid dari Panda memang menjadi idola Manda selama perjalanan liburan ke Pulau Pasir Burung ini, dan tidak menyadari bahwa sudut yang terjepret kamera Panda adalah sudut kekanak-kanakan Manda yang membuat Panda jatuh hati. *saat nulis paragraf ini, agak-agak GR karena hanya perasaan dek Ima saja, hahahahahaha.


6. Melompat dan Levitasi

Berada di pasir yang sehalus tepung membuat saya lupa diri untuk tidak melompat di hamparan pasir yang terbentang luas dengan air laut yang tenang. Hari yang hujan membuat air laut hangat dan mengundang untuk kita berbasah-basahan di air. Levitasi dengan melakukan loncatan dan menggunakan time lapsed untuk memilih pada second keberapa kita saat kita melompat yang terbaik.

Levitasi ala Manda

Dengan kamera smartphone ZenFone Zoom S by ASUS Indonesia yang memang diperuntukkkan untuk fotografi. Manda mengabadikan beberapa moment levitasi seru bersama Panda di Pulau Pasir Burung, Belitung.

Baca juga : Fotografi dengan Smartphone ASUS ZenFoneZoomS

Levitasi ala Panda
Dan kami berdua pun tidak ada bosan untuk melakukan gerakan bahagia : melompat dan berlari. Sedikit tambahan, kalau Manda lebih lebay dengan bernyanyi dan menari ala-ala despacito Manda, hahahaha.

7. Bermain Paddle Board

Sebelum berangkat ke Belitung, Manda sudah membayangkan mau bergaya ala Moana. Dan ternyata di Pulau Pasir Burung ini ada paddle board dan antara takut ngeri-ngeri gimana, akhirnya mencoba juga bergaya ala Moana. Yeaaaay! Love Leebong island very much!

Mulai pose biasa, menyeimbangkan paddle board
Mulai berdiri dan agak was-was kalau jatuh, artinya basah!
Yihaaaa, Manda Moana!
Love Leebong Island very much! 


Pengalaman bermain di air dengan paddle board yang Manda temukan di Pulau Pasir Burung ini membuat Manda percaya bahwa sesuatu yang diinginkan harus dicoba dan siap berjuang untuk membuatnya terwujud. Saat merangkak di paddle board, rasanya sudah tidak mungkin bergaya ala-ala Moana. Ketakutan itu berakhir, saat mantap jiwa mengatakan : "jatuh ya basah!". Lalu fight untuk menyeimbangkan badan di paddle board, maklum hampir sekuintal beras yang akan menyeimbangkan diri di atas paddle board, hahahahaha.

"Yeaaaay! berhasil berhasil", kata Doraima.

Di sequel lain di rangkaian cerita Manda Panda di Leebong, akan ada cerita behind the scene keseruan kami dalam pengambilan gambar-gambar yang terlihat all is well ini.

8. Bertemu dengan Bintang Laut

Patrick, si bintang laut di film kartun Sponge Bob, yang ternyata nyata ada! Kalau di instagram @Leebongisland kita melihat bintang laut berceceran di Pulau Pasir Burung ini, ternyata benar adanya, bintang laut di sini besar-besar. Semoga tetap terjaga kelangsungan hidupnya ya! Aamiinn.

Starfish, Bintang Laut di Pulau Pasir Burung

Bintang Lautnya besar dan kadang menghilang lalu muncul lagi

Honeymoon di Pulau Leebong, lalu daytrip di Pulau Pasir Burung, siapa takut?

Tempat ini mendukung banget untuk bisa bersyukur memiliki belahan jiwa yang dipilihkan Tuhan menemani kehidupan kita mengumpulkan cerita dan bekal untuk akhirat serta menjaga cinta kita hingga ke JannahNya. Aamiinn.

Pasir putih yang halus, ombak pantai yang tenang menyapa pantai, senyuman dan bahagia menghiasi semua cerita indah di Pulau Pasir Burung ini. Tidak terlupakan dan ingin kembali. Tunggu kami datang lagi ya Leebong!

Salam dari kami, Manda Panda untuk tamasyaku.com

Tentang Pulau Pasir Burung yang tayang di NetCJ



Menutup cerita keseruan kami berdua di Pulau Pasir Timbul yang sudah mulai pasang, senja pun sudah mulai menyapa kami sore itu. Langit Belitung yang mendung, tidak mengurangi keindahan senja yang selalu membuat hati menjadi damai dan bersiap untuk bersyukur atas rejeki satu hari yang menghampiri kita. 

Selamat berakhir pekan, dan semoga kebahagiaan menyertai hari-hari kita. Aamiinn.

Lensa kamera Nikon by @eltonsatrianto

26 comments:

  1. Dua keindahan dalam 1 frame..pulau pasir dan manda..pisces ♓ girl..

    ReplyDelete
  2. Ya Allah itu pantainya keren bgt yak Mbak. Pasirnya bagus bgt. Huhuhu jd pengen piknik.Oh ya untuk mencapai pantai pasir burung, apakah mudah transportasinya? Indonesia ini memang luar biasa cantiknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil paket tour mba, atau hubungi mulia rental yg kami pakai selama di Belitung.

      Delete
  3. Dan Manda sukses bikin Pisces Girl yang di Semarang envy berat. Jadi terprovokasi pengen ke pantai ituuh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaahh pisces juga yaaaa, kuduuu ke sini yaaa pisces semarang *_*

      Delete
  4. wah serunya main di pantai. lagi mendung ya? tapi tetap eksotis sih.
    hii... berani ya pegang bintang laut? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggaaakk, hahaha, cuma elus2 di air, ha3. Iyaaaa, jadi penasaran saat cuaca cerah =_^

      Delete
  5. Aw...pantainya bersih, pasirnya juga. Aduh mba Manda, sejak diupload di IG sudah menarik banget pantainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersiiiihhh dan beniingggggg *_*

      Delete
  6. Tempatnya keren banget kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Indonesia juaraaakk!

      Delete
  7. Duh....mupeeeeng....
    Tapi waktunya yang belum ada. Kalau berdua aja ke sini, pasti bocah pada iri. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ya mbaaa, apalagi nak lanang pasti mau ikuut.

      Delete
  8. Subhanalloh indah banget, dan senang liat kebahagian manda dan panda nih, jadi pengen ke Belitung juga nih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba vitaaaaa, kudu ke sini yaaa! Apikk bangeeeettt 😍😍😍😍

      Delete
    2. Cantik bingit yaa Leebong...

      Delete
    3. Iyaaaaa cantiikkk bgt, ayuk kapan kita ke sini dan mainan pasir sambil pepotoan ya mbaDew ^_^

      Delete
  9. Ya Alloh Mbak, keren bangets tuh...musti dijadwalin ke sana nih :). Makasih ceritanya dan salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba, iyaaa cantik banget ya pulaunya. Main ke sini mba, masukin dalam wishlist yaaa.

      Delete
  10. Jaman aku ke pulau burung belom ada kek gini manda ...masih pulau kosong gitu asyio ya sekarang banyak fasilitas pendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk ke sini lagi mba Muna, tentunya akan ada perubahan lagi menuju perbaikan ya. Entah 2 thn lagi ke sana, pasti ada yg berbeda dan selalu ingin kembali.

      Delete
  11. Membaca tulisan ini, aku yakin bakal makin banyak yang kesengsem dengan destinasi Pulau Leebong. Sebab ke Pulau Leebong ada trip Pulau Pasir Burung yang pesonanya bisa diwakili melalui postingan ini. Pulau pasir timbul ini memang benar2 menyenangkan. Banyak yg bisa dilakukan. Yg paling utama karena aman, ga ada ombak ganas. Airnya juga jernih. Banyak bintang laut.

    Trims Ima sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba rieeeenn, terima kasih memperkenalkan Pulau leebong dan sekitarnya pada kami yaaaa. Mau balik lagi ke sini, di musim yg ceraaaah. Semoga berkesempatan lagi ya kita ngetrip sama2 lagi. Bersyukur bersama2 akan ciptaanNya dan menceritakan pada dunia bahwa Indonesia itu cantiiikk banget. Makasih mba ^_^

      Delete
  12. Pulau Pasir Timbul emang keren bangeettt, pengen kesana lagi bawa properti foto yang banyak soalnya di setiap sudutnya emang bagus buat foto. Sudut-sudut instagramable ciptaan Tuhan.

    ReplyDelete
  13. Belitong memang tujuan wisata yang aku impiin banget nih manda... dan baca ini ada 2 hal di otakku... 1. Semakin pingin ke belitong. 2. Manda sama panda mesra banget ih... lovee...

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D