Monday, 10 July 2017

Liburan Seru dengan Uri-Cran


Halo sahabat tamasyaku, mau liburan kemana kita di bulan Juli ini? Menghabiskan liburan bersama adek sepupu yang masih libur atau mau bertamasya dengan orang-orang tersayang di akhir pekan. Kemana saja kita berlibur akan berbeda rasa jika itu bersama dengan orang yang berbeda, ya kan?

Nah, di musim panas seperti saat ini dan tubuh kita masih dalam adaptasi setelah sebulan penuh berpuasa, minum air putih menjadi solusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Lalu bagaimana dengan sebuah perasaan tidak enak yang muncul tiba-tiba, yang kebanyakan orang menyebutnya sebagai anyang-anyangan?

uri-cran

Apa itu anyang-anyangan?

Anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil yang terus menerus tetapi yang keluar sedikit. Itulah definisi dari sebuah rasa yang dimaksud dengan anyang-anyangan. Memang agak tidak enak didengar ketika kita membahas tentang anyang-anyangan, namun hal tersebut tidak bisa dielakkan pun ketika saat liburan.


Bagi yang pernah merasakan anyang-anyangan, tentunya bisa membayangkan rasanya dan pastinya penasaran tentang penyebab dari anyang-anyangan ini secara medis dan bukan secara mitos. Dalam ilmu kedokteran, anyang-anyangan disebut juga infeksi saluran kemih. Dari sekian banyak penyebab anyang-anyangan, 80 - 85% kasus anyang-anyangan disebabkan oleh bakteri E.Coli. Bakteri ini bisa masuk ke saluran kemih melalui uretra (buka lagi buku Biologi ya), dimana setelah berada di kandung kemih, bakteri E.Coli dapat menempel di dinding kandung kemih dan membentuk biofilm yang kebal terhadap respon tubuh. Itulah yang membuat kita merasa selalu ingin buang air kecil. Tentunya, dengan hasrat yang besar untuk pipis tetapi tidak pernah tuntas, membuat liburan tidak seru. Ya kan?

Lost World Cangkringan
Lost World Cangkringan


Liburan Seru Dengan Uri-Cran

Jogja utara kini sedang berkembang, banyak obyek wisata yang pantas dikunjungi dan dijadikan tempat liburan yang seru bersama keluarga, salah satunya Bhumi Merapi dan Lost World. Pada kesempatan kali ini, liburan seru tamasyaku di kedua tempat di daerah Kaliurang, Yogyakarta.

Gambar bagian atas adalah gambar yang diambil saat liburan lebaran kemarin di Lost World yang berada di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dengan HTM (harga tiket masuk) 25,000 rupiah, kita bisa jogging di tempat yang areanya luas sekali dan dibangun menyerupai benteng. 

Di dalam Lost World tersebut, ada beberapa spot dan properti yang bisa dipakai untuk mengambil gambar, selfie atau wefie. Liburan lebaran kali ini, setiap orang yang ke sana membawa keluarga besar, tak pelak saya pun membawa serombongan keluarga ketika mengunjungi Lost World tersebut. Akibatnya, selain parkir yang kurang memadai juga toiletnya.

Bhumi Merapi

Gambar di bawah adalah saat kita sedang berada di Bhumi Merapi. Obyek wisata mengenal satwa yang juga berada di dekat Kaliurang. Harga tiket masuknya (HTM) sebesar 30,000 rupiah dan tidak diperkenankan membawa makanan sendiri. Sehingga, bisa dibayangkan harus duduk-duduk dan jajan di tempat yang masa musim liburan lebaran ini disulap menjadi tempat berkumpul keluarga dan jumlahnya melebihi kapasitas harian. Lagi-lagi tentang kebutuhan untuk buang air kecil di toilet.

Liburan seru di tempat yang sedang kekinian atau ngehits di kota Yogyakarta, pastinya minim toilet untuk buang air kecil. Dan karena menahan pipis atau buang air kecil bukan solusi yang baik untuk kesehatan. Buah simalakama kan ya? Tidak pipis, tidak nyaman. Kalau pipis dan gayung atau airnya tidak higienis, bisa anyang-anyangan.

Nah, seperti itulah kondisi yang terjadi saat kita liburan dan butuh Uri-Cran

uri-cran

Mengenal Cranberry dan Uri-Cran

Penggunaan Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih sudah lama dikenal di dunia karena perannya yang bisa mencegah bakteri E. Coli menempel pada dinding saluran kemih.

Pernah membaca tentang uri cran dan untuk mencegah anyang-anyangan saat liburan bersama keluarga di saat istimewa, akan lebih baiknya kalau tindakan pencegahan dilakukan, yaitu menyempatkan diri ke apotek untuk membeli Uri Cran dan meminumnya. Uri Cran merupakan ekstrak cranberry sehingga dengan mengkonsumsi uri cran kita sama saja dengan mengkonsumsi ekstrak cranberry. Dosis minum untuk pencegahan adalah 1 kapsul per hari. Selama liburan kebaran bersama keluarga besar, saya meminum uri cran dan alhamdulillah  tamasya ke tempat-tempat yang ramai sekalipun, dan sempat buang air kecil di toiletnya, tidak membuat Manda merasa anyang-anyangan.


Penasaran ingin mengukuti langkah preventif yang Manda lakukan untuk mencegah anyang-anyangan terjadi saat kita liburan? Bisa beli di beberapa apotek yang ada di website uricran.co.id ya! Kebetulan saya tinggal di Yogyakarta, maka saya bantu infokan dimana bisa menemukan Uri Cran kalau di Jogja ya.




Selamat bertamasya dengan sehat ya!

7 comments:

  1. Pernah mengalami pas liburan anyang-anyangan, gak nyaman banget.
    Bawaannya pengen ke kamar mandi terus jd waktu liburan gak efisien.
    Sekarang ada uri-cran gak bingung lagi ya manda.
    Btw, mudahan bisa ke tempat wisata tersebut aamiin

    ReplyDelete
  2. kalo lg liburan terus kena anyang2an itu, rasanya tdk bisa menikmati liburan dgn maksimal ya mba

    ReplyDelete
  3. Sdh lama nih g k merapi..Iya mb mang kalo k tempat wisata yg minim toilet tu kdh bikin baper y.untung ada uricran y

    ReplyDelete
  4. Uricrannya yg diseduh ya itu Manda? Keep healthy biar bs jalan2 n hepi2 trs ya Manda...

    ReplyDelete
  5. Wisata alam yang minim toilet, terus anyang2an, tak bisa membayangkan

    Pas hamil Juna, aku pernah ke pantai, dan bebtar2 ke kamar mandi

    Habis itu, malas dech keluar2

    ReplyDelete
  6. Anyang2an emang musuh para wanita. Untung ada Uri-cran
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. Aman kalau bisa atur waktu bak
    Lebih aman lagi kalau bawa uricran...

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D