Liburan Sehari di Yogyakarta

liburan sehari di jogja

Liburan ke Jogja dalam waktu satu hari, bisa nggak sih?

Bagi sahabat tamasyaku yang hendak ke Jogja, tentunya sudah banyak mencari tahu banyak hal tentang Jogja kan ya? Apa aja yang sudah di-googling? Yuk, sama-sama kita break down, e cieh, mau bilang ayuk kita bongkar masing-masing objek wisatanya di cerita tamasyaku kali ini ya.

Tinggal di Jogja dan belum pernah ke tempat-tempat ini, aw aw wa sungguh menyedihkan ya?

Bagaimana kita bercerita dengan orang dari luar Jogja, kalau kita tidak menyempatkan diri mengunjungi objek wisata tersebut dan kemudian menceritakan tentang tempat menarik di Jogja.

No picture HOAX!

Rasanya, tagline di atas cukup bikin kita kipas-kipas dan lalu berjalan menyusuri banyak tempat yang dekat dengan kita di Jogja. Membuat foto berlatar tempat tersebut adalah sesuatu yang memancing orang lain untuk ingin tahu tentang tempat tersebut, ya kan? Pun tidak untuk orang lain, setidaknya kita punya cerita pernah mengunjungi tempat tersebut.

Jalan-jalan di kota Yogyakarta dalam waktu seharian, ah masaaaaak?

Sebagai orang Jogja yang sudah hafal jalanan Jogja, mungkin tidak menjadi masalah ketika harus berkeliling Jogja di akhir pekan, solusinya jalan tikus. Tapi tenang saja, banyak aplikasi android yang bisa mengatasi permasalahan jalan tikus tadi, seperti aplikasi maps dan waze di gadget. Berkendara sendiri juga sangat terjangkau banget, terlebih ada dua aplikasi di atas yang sangat membantu kita berkendara di kota yang baru disinggahi sekalipun.


Tentang wisata Jogja yang bisa dijangkau seharian, kenapa sih harus seharian ke Jogja?

Ya kan para pekerja biasanya libur hanya di Sabtu Minggu, makanya seharian di Jogja di saat akhir pekan bisa menjadi solusi merefreshkan pikiran sejenak. Lalu, siapa lagi yang berkemungkinan ke Jogja hanya sehari? Mereka yang domisilinya dekat dengan Jogja dan ingin menikmati Jogja. Dan family traveler biasanya memilih waktu akhir pekan untuk bisa liburan keluarga di kota Yogyakarta. Saya termasuk orang Jogja yang butuh piknik, terlebih kalau ada teman, kerabat atau saudara yang datang ke Jogja, mereka pasti meminta saran liburan seharian di Jogja yang terjangkau.


Ah, kebanyakan pembuka ni Manda, semakin penasaran dengan objek wisata yang ada di Jogja

Sebut saja sahabat baik saya, namanya Cahaya. Melalui chat Whats App, Cahaya menginformasikan mau ke Jogja dan butuh info objek wisata yang bisa dikunjungi begitu turun dari kereta. Karena tidak sekali dua kali mendapat pesan singkat seperti dengan Cahaya ini. Makanya, di tulisan kali ini, Manda akan mengenalkan objek wisata yang ada di kota Yogyakarta dan terkoneksi dalam waktu satu hari.  Apa saja itu?
  1. Taman Sari Water Castle
  2. Beli oleh-oleh kaos di Ngasem
  3. Kraton Yogyakarta
  4. Masjid Agung Kauman
  5. Makan siang di sentra gudeg Wijilan
  6. Taman Pintar
  7. Foto di titik nol kilometer
  8. Benteng Vredenburg
  9. Belanja batik di Malioboro
  10. Malamnya makan lesehan atau angkringan khas Jogja
  11. Menghabiskan malam di Alun-alun selatan



Berlibur ke Jogja walaupun hanya satu hari, tetap saja butuh tempat menginap. Setidaknya penginapan yang dipilih bisa dipakai untuk numpang mandi, nyimpan barang-barang dan numpang tidur. Walau pada kenyataannya, couple traveler atau family traveler akan banyak mengubah itinerary nya ketika liburan. 

Oh iya, saat melakukan perjalanan yang terpenting adalah mengetahui cuaca saat berada di kota tersebut. Misalnya sewaktu Manda ke Malang, kudu bawa jaket karena udara di Malang relatif dingin. Nah, ketika Manda berada di Jogja, pakaian pun yang menyesuaikan udara di Jogja. Udara Jogja cenderung panas sehingga bahan pakaian yang menyerap keringat dan tidak panas di badan.

How a perfect day in Jogja city.


Nah, wisata seharian yang Manda tuliskan di atas, berada di pusatnya kota Yogyakarta, tepat di jantung kota Jogja. Kesemuanya hanya seputaran Malioboro di ujung selatan dan itu pun sudah bisa memakan waktu dari pagi seusai sarapan sampai malam hari menjelang bobok cantik di Jogja.

Tentunya, sahabat tamasyaku ingin tahu ya bagaimana akses menuju ke tempat-tempat itu. Simak ya kutipan penjelasan saya ke Cahaya yang mudah-mudahan akan bisa bermanfaat bagi sahabat tamasyaku yang hendak liburan ke Jogja seharian.

Hai Manda, aku mau ke Jogja nih. Boleh ya rekomendasiin tempat-tempat wisata yang terjangkau seharian jalan-jalan.

Halo, Cahaya. Wah dengan senang hati saya bagi info menikmati kota Jogja seharian ya. Selepas sarapan di hotel, naik becak aja minta anterin ke Taman Sari. Mumpung masih pagi ke Taman Sari Water Castle masih bisa dinikmati buat foto-foto. Dirimu kan suka fotografi, cocok tuh tempatnya buat selfie dan wefiean. Selain tempatnya adem banyak angin, juga menyimpan nilai sejarah. Pakai pemandu juga nggak mahal, tapi untuk kamera kena charge, hehehe. Muter-muter di Taman Sari kurang lebih bisa 2 jam-an, jadi prediksi waktu aja dari hotel mau jam berapa ya.

Tentang Taman Sari, bisa di baca di sini ya.

Wah, noted Manda, Taman Sari Water Castle. Trus aku dipesenin nih sama adekku, suruh beliin kaos kata-kata gitu. Dimana ya,  Nda?

Kebetulan, dari Taman Sari Water Castle lewat Ngasem bisa naik becak aja, sepanjang jalannya sudah banyak toko dan kios yang menjual kaos seperti yang kamu maksud. Kalau nawar becak, jangan pakai ragu-ragu ya. hehehehe. Syukur-syukur bisa bahasa Jawa. wkwkwkwkwk. Atau pakai aplikasi ojek online aja, mudah kemana-mana karena jaraknya juga deketan.

Oke-oke. Trus kemana lagi ni?


Abis sarapan ke Taman Sari, lanjut beli kaos dan batik di Ngasem, trus ke Kraton Yogyakarta aja. Di sana tempatnya adem dan bisa dapat banyak info sejarah tentang kota Jogja. Setelah itu bisa sekalian sholat dhuhur di Masjid Gede Kauman.  Kalau dari kraton ke masjid gede, jalan kaki saja.


Selepas sholat, pakai becak atau ojek online, minta dianterin makan siang di sentra gudeg Wijilan. Kan Cahaya suka nitip gudeg Yu Djum, nah di sana ada gudeg Yu Djum juga. Macam-macam gudegnya, tapi rasanya hampir sama. Ada oleh-oleh gudeg instant yang dikemas dalam kaleng, jangan lupa cobain ya.

Waaahh asik ni, oke-oke. Nggak terasa udah setengah hari ya Nda jalan-jalannya. Kebetulan nanti aku ajak anak ke Jogjanya. Si sulung mau ikut mamanya, semoga bisa ketemuan ya kita.

Waaa sulung ikutan ya. Kalau begitu habis makan siang di gudeg, kalian ke Taman Pintar aja. Pas untuk anak seusia sulung, bereksperimen di wahana yang ada di Taman Pintar. Lalu habis itu jalan aja menuju ke titik nol dan udah agak sorean gitu jadi adem di sana. 


Kalau takut kecapekan, ya ke Benteng Vredenburg aja. Benteng Vredenburg yang memiliki bastion di keempat penjurunya ini memiliki koleksi diorama perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan, dan seluruh ruangannya ber AC. Di sana museum perjuangan yang tempatnya bersih, nyaman, adem dan ada permainan interaktifnya. Pasti kaget deh dengan tiket masuknya yang murah banget, cuma 2,000 untuk dewasa dan 1,000 untuk anak-anak.  Tapi perlu diingat kalau hari Senin, Benteng Vredenburg ini tutup.


Mandaaa, Jogja makin kece yaaaa. Aaaakk rasanya bakalan tepar ya kalau Cuma seharian di Jogja trus ngejar mau ke semua tempat, hahahaha.

Yaiyalah, sehari doing di Jogja mah mana cukup. Ini 1 hari baru di sekitaran Malioboro sebelah selatan lho. Lanjut belanja ke pasar Gede atau Bringharjo selepas dari Benteng Vredenburg. Trus abis itu menikmati sore di titik nol kilometer, sekalian menuju ke Alun-alun kidul atau Alun-alun selatan.



Tentang alun-alun selatan, bisa dibaca di sini ya.

Naik becak 10,000 dari depan Benteng Vredenburg nanti dianterin ke pusat oleh-oleh. Kan dirimu doyan banget sama bakpia dan yangko, hehehe. Lanjut aja suruh nganterin ke Alun-alun kidul. Bisa sholat Maghrib di masjid yang deket dengan Alun-alun kidul sebelah timur.



Tentang angkringan, bisa dibaca di sini ya.

Oh iya, buat makan malamnya boleh dipilih. Mau makan malam angkringan juga boleh. Mau makan malam di lesehan Malioboro juga boleh. Mau makan jagung bakar dan wedang ronde aja di alun-alun juga boleh. Selamat tamasya ke Jogja yaa Cahaya. Kabar-kabari ya kalau udah deket hari H nya berangkat.

Oke, Manda. Terima kasih banyak ya. Senangnya bisa menikmati paket komplit wisata seharian di kota Jogja. Sampai jumpa ya!

Nah, ternyata kota Jogja banyak memiliki objek wisata yang menarik ya. Mengunjungi kota Jogja memang tidak cukup satu hari. Masih ada wisata gunung, pantai, kuliner dan banyak tempat yang menarik di Jogja.

Ayuk ke Jogja!

14 comments

  1. Moga2 bisa ke Jogja lagi suatu hari nanti dan menelusuri semua yang ada di postingan ini :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous09:40

    Kalau ngomongin Yogyakarta, orang luar kota tahunya cuma Malioboro ajah, tempat yang lain belum tahu

    ReplyDelete
  3. Saya blm pernah ke Yogyakarta.. Pengen banget..

    ReplyDelete
  4. Kepengennya bisa sebulan deh eksplorasi Jogja...semoga tahun ini bisa mampir ke sana lagi.

    ReplyDelete
  5. Akhir tahun kemarin ke yogya, tapi yogya lagi penuh banget. Next time ke yogya kalo bukan musim liburan aja deh. Supaya puas jalan jalan.

    ReplyDelete
  6. Kota Yogyakarta memang tiada sepinya menjadi kota wisata ya...
    Have fun Mba liburannya...

    ReplyDelete
  7. Anonymous11:12

    waw hebat bu, kalo saya pasti kurang puas kalo jalan-jalan di sana cuma 1 hari saja

    ReplyDelete
  8. Jogja memang gak pernah hilang pesonanya. Selalu bikin orang rindu untuk berkunjung kembali kesana. Kawasan Malioboro, Keraton, alun - alun dan sekitarnya emang gak pernah bisa tergantikan. Dan itu selalu masuk destinasi wajibku kalo ke Jogja

    ReplyDelete
  9. bolak balik ke jogja, belum keturutan naik becak warna warni..

    ReplyDelete
  10. Wah rindu jogja. Akublm puas explore jogja,terakhir disana 3hari 2malam tapi jalannya agak jauh kdaerah gunungkidul sm kulon progo,semoga bisa main2 lagi k jogja.

    ReplyDelete
  11. Duh, dah apal bgt ya tekuk2annya jogja😊

    ReplyDelete
  12. Aku pernaaah, jalan-jalan di Jogja seharian. Abis itu kaki rasa-rasanya mau potel xD

    ReplyDelete
  13. Mau dong diajakin jalan2 seharian mbak Manda :)

    ReplyDelete
  14. Tahun baru kemarin liburan ke beberapa kota & seputar jogja. Kesimpulan kami, jogja tetap yg paling jempol. Cuma 1/4 hari aja udah dpt gunung, laut, foto2 bagus & makan enak. Di kota lain nggak ada yg seperti itu.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda