Saturday, 10 August 2019

Makan dan Tidur Selama di Paris, Perancis


Alhamdulillah melanjutkan menulis tulisan organik yang ternyata mudah sekali untuk diingat dan dituliskan kembali, sebagai moodbooster untuk menyelesaikan beberapa tulisan deadline yang sudah menanti. Cerita Parisnya dilanjutkan sampai tuntas ya, supaya tidak ada yang mengganjal. Setelah drama tersesat di kota Paris, akhirnya tiba saatnya menuliskan tentang makan dan tidur selama di kota Paris, Perancis.

Baca juga : Lost in Paris


Sesampainya di hotel sudah larut malam, dengan kaki yang sangat letih. Huaaaaaa.  Tragedi Kebab Halal memang sangat berkesan di cerita Manda Panda. Dan akhirnya, tips sehat pun dilakukan, apa saja tips sehat Manda Panda sebagai couple traveler?

  1. Mengolesi salep otot, semacam counterpain.
  2. Mengangkat kaki ke atas.
  3. Berendam dengan air hangat.
  4. Melakukan pijatan ringan.

Tempat tidur twin yang tidak cocok untuk pasangan bulan madu seperti kami, hahaha. Tapi positifnya, kita bisa nyenyak tidur malam ini tanpa ditambahi dengan aktivitas yang makin membuat capek dengan ranjang yang double. Ups!


Keberuntungan couple traveler dengan bath-tub yang bisa mengendorkan otot kaki setelah berjalan kurang lebih selama 3 jam (yang berhasil kami ingat) untuk bisa kembali ke hotel dengan berjalan kaki. Cerita jalan kakinya ada di artikel sebelumnya.


Alhamdulillah, makan malam pertama di kota Paris sudah aman dengan menikmati Kebab Halal yang dibeli dengan penuh drama di kota Paris. hahahaha. Walaupun begitu, kita bahagia banget dan penuh syukur karena bisa kembali selamat dan bisa beristirahat. Semuanya karena Alloh, kalau kembali mengingat saat itu, benar-benar hanya pasrah untuk bisa ketemu dengan hotel ini. Moral ceritanya, syukur itu nikmat saat kita tamasya.


Zaman itu belum pede untuk membuat vlog tentang restoran di hotel Campanile ini, bahkan untuk mengambil beberapa gambar menunya saja ternyata nggak terpikirkan oleh Manda. Ternyata, time grow so fast ya! Zaman now, pasti makin banyak foto dan video yang bisa dibagikan ke sahabat Manda kalau berkunjung ke sana lagi. Mohon doanya ya! Aamiin.


Yeaaay! Setelah tidur yang nyenyak dan sarapan secukupnya, dan tidak lupa membawa air minum, kami pun bersiap untuk menyusuri jalanan kota Paris. Kali ini sudah menggunakan itinerary yang kami susun sendiri di luar jadwal tour yang sedang mengunjungi istana Versailles. Kamipun membaca blog orang yang pengalaman jalan-jalan di Paris, akhirnya ketemu dengan informasi Metro dan tiket Mobilis. Kebetulan stasiun Metro ada di depan hotel kami, alhamdulillah.



Kalau di luar negeri, lihat burung dara seperti ini aja bisa jadi obyek foto yang menarik ya. Kebayang kalau di Indonesia, sudah ditangkap dan dimasak burung dara penyet. hihihihihi.

Stasiun Metro ada di bawah tanah, sehingga kita hanya bisa melihat luar ketika sudah keluar dari stasiun Metro. Dan setiap pemberhentian stasiun Metro di Paris adalah objek wisata. Menarik ya!

Baca juga : Objek Wisata Gratis Ketika di Paris

Mengunjungi obyek wisata seharian sampai larut malam, pasti penasaran tentang toilet dan jadwal solatnya ya. Alhamdulillah, sebagai musafir, Islam memudahkan kita untuk tayamum dan melakukan sholat di perjalanan. Sungguh, sebagai muslim kita tidak ada alasan untuk meninggalkan kewajiban yang 5 waktu ya. Insya Alloh.


Makan Siang di Musee de Louvre

Bagi kami berdua, urusan makan sebenarnya bukan hal yang sulit. Menu junk-food yang kadang dipilih untuk bisa memenuhi asupan nutrisi selama perjalanan. Akhirnya, dipilihlah Mc Donald untuk menjaga mood dan bisa menuju ke banyak tempat di Paris.


Sok sibuk dan ter-capture candid oleh Panda. Kentang goreng dan beef burger merupakan menu andalan saat kami sedang berperjalanan. Jangan tanya ya, tidak kenyang pastinya. Karena mulut ini masih terpuaskan kalau sudah ketemu dengan nasi. Bayangan ke KFC ada nasi pun, melayang sodara! Bahkan untuk mendapatkan saos sambal seperti di Indonesia yang berlimpah saja, tidak akan ada kecuali bawa sendiri.


Menikmati kota PARIS dan bayangan akan romantic dinner di sungai Seine dengan pemandangan Eiffel yang kelap kelip pun akhirnya berakhir di KFC, hahahaha. Tentang makanan halal yang menjadi prioritas pilihan dan juga waktu pulang ke hotel dengan menggunakan Metro yang waktu itu tidak 24 jam. Tidak apalah, semoga suatu waktu nanti, doa Panda diijabah untuk bisa membawa kami sekeluarga menikmati sungai Seine untuk wedding anniversary. aamiin.


Akhirnya KFC! Mengenyangkan diri dengan ayam goreng adalah pilihan yang diambil ketika kami berperjalanan. Cemilan buah pisang dan apel, serta minuman seperti susu dan yoghurt memang melimpah ketika kita berada di luar negeri. Alhamdulilah masih bisa untuk mengenyangkan perut dan siap beraktivitas. Oh iya, sebucket ayam itu, bisa dibawa pulang untuk cemilan di hotel saat lapar karena suhu yang dingin. Jangan lupa bawa saos sambal sendiri supaya lebih nikmat ya!

Tentang kuliner yang lain yang membuat Panda gemas, adalah Manda minta makan nasi.


Duh dek! Nyari nasi kemana di negara antah berantah begini. Kok ya qodarulloh, pas kita jalan menyusuri kota Paris, ketemulah dengan plang Nasi Biryani. Dan masuklah kami ke dalam resto tersebut. Memesan 1 nasi briyani komplit dengan ayamnya. Harganya jangan ditanya ya! Kalau dikurskan ke rupiah, nggak jadi makan nantinya. Dan ternyata, nasinya ajaib buat lidah Manda. Walhasil, Panda yang menghabiskan nasi briyani tersebut dengan sesekali Manda mencoba untuk bisa mencicipinya walau hanya beberapa butir nasi dan potongan ayam tanpa tulangnya.

Sepertinya, tiga hari di kota PARIS tidaklah cukup untuk mengunjungi semua yang bisa dilihat di kota ini. Apa yang kami tuliskan pun mungkin tidak bisa mewakili keingintahuan sahabat Manda tentang kota Paris. Setidaknya, cerita kami bisa menjadi gambaran bahwa liburan ke negeri orang, perlu persiapan dengan membawa saos sambal sachet sebagai penyelamat. Teteup ya!

Masih menikmati city tour dengan bus dan overall perjalanan kami di Paris merupakan perjalanan yang menyenangkan dan berkesan. Kalau ditanya, 11 tahun pernikahan ditambah 10 tahun masa perkenalan, rasanya kayak apa? Rasanya selalu tertantang untuk mengarungi banyak petualangan bersama dan melebihkan syukur atas apa yang menjadi tulisanNya pada hidup kami. Saatnya mengucapkan alhamdulillah, daripada terus menerus mengeluh pada yang telah memberi hidup.


49 comments:

  1. Luluran pake balsem sebelum tidur abis jalan jauh tuh emang paling ampuh ya, Manda. Biar bisa tidur nyenyak dan kaki ga celekot celekot

    ReplyDelete
  2. Saya ngikutin kisah2nya lho, Mba. Seruuuu. Ah, kangen ama postingan organik, hahaha.

    Wow, Paris keren ya. Banyak bangunan yg bersejarah. Btw kalo ikut tour terus ketinggalan, apa tour leadernya ga nyariin?

    Semoga doanya bisa terkabul ya, Mba. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulaaaahh, dipikir mereka, kita udah terbiasa ke Paris, ijin cari kebab halal dikiranyabijin ditinggal di pemberhentian itu. hiks kacau beliau lah urusan bahasa. Tour guidenya kan orang Jerman waktu itu. Hamdalahnya jadi merasa deket sama Pencipta saat minta petunjuk.

      Delete
  3. Emangya Mba tantangan ketika berada Di Negeri orang apalagi negara Barat adalah makanan halal terutana nasi, haha. Alhamdulillah ada nasi Britani walau ga cocok di lidah hehe

    ReplyDelete
  4. Tempat tidur twin yang tidak cocok untuk pasangan bulan madu seperti kami <<< oh ya jelas, itu mah buat pasangan dinas kantor hahaha

    ReplyDelete
  5. Pengalaman yg seru banget y mba bisa merasakan sensasinya Kota Paris next mudah2an aku pun mau kesana nih,, sdkit udah Ada bayangan klo k paris

    ReplyDelete
  6. Wah Manda, Jalan-jalan nya sudah sampai Paris ya. Kereeen.

    ReplyDelete
  7. Waaah kak Manda udah kesana. Itu kota impiankh sejak SMP. Tapi memang Paris mahal ya kak. Pemandangannya sungguh bikin ngiler.

    ReplyDelete
  8. Wah mba kereen bngt dah datang ke negeri yang penuh suasana romantis lagi honeymoon lagi ya mba hehhe tapi harganya pasti uwoww bngt yaa

    ReplyDelete
  9. Counterpain to the rescue ya kak. Paris kota idaman sejuta umat ya kak, apalagi buat honeymoon kedua sama suami ❤

    ReplyDelete
  10. Wah mbak, kalo aku dapet kasur twin, selalu sama suami mejanya di pinggririn, kasurnya disatukan,hehe. Gak bakal bisa tidur kalo sendiri-sendiri gitu, wkwkw.

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk orang yang makan harus pake nasi,kalo makan ga oke nasi Kya ga makan wkwkwk... Duh gimana kalo aku keparis bakalan susah cari restoran yg sedia nasi yac hahaaha

    ReplyDelete
  12. Mandaaaa, seruu banget jalan2 di Parisnya :D
    Aku mau baca semuaaa ahh, insyaAllah ketularan bisa ngetrip ke bumi Eropa bareng keluarga
    aamiiin

    ReplyDelete
  13. Kebayang rindu nasi eh dapat biryani yang aku pun makan ngerasa aneh gitu. Perah dan terpisah satu sama lain butirannya, ya. Jadi kayaknya meski dimamam sqma lauk enak pun ajaib hahah. Moga bisa balik ke sana lagi yaa

    ReplyDelete
  14. Duh jadi pelajaran nih kalau mau jalan2 ke LN, seneng deh bacanya, jadi kaya ikutan jalan2 ke sana. Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
  15. rasa ayam KFC nya sama gak mbak ama di sini... ku penyuka ayam KFC jadi penasaran

    ReplyDelete
  16. Perjalanan ke luar negeri mestoli mempelajari srgala sesuatunya srcara detail ya, biar tidak tersesat

    ReplyDelete
  17. Bener banget mba. Meskipun jalan-jalan ke luar negeri pada umumnya aku suka mencari makanan yang cocok di lidah indonesia aja.

    ReplyDelete
  18. Kalau Manda kangen nulis organik, lahh tulisanku organik semua

    ReplyDelete
  19. Apakah dulu sebelum ke sini sudah persiapan dengan buku-buku panduan perjalanan? Kayaknya buku itu membantu sanhat di zaman itu, kalau zaman now mah gadget udah nomer one

    ReplyDelete
    Replies
    1. andalanku dulu baca blog orang, kl buku ga mungkin kebawa dan ga kepikiran mau ke sini. Skrg lebih canggih apa2 tinggal googling termasuk map. Cuma ya itu tadi, singgah ke LN blm tentu langsung bisa on inetnya, kecuali udh persiapan dari indo.

      Delete
  20. Wah, Manda mbolangnya udah sampe Musee de Louvre😍 Kebayang banget gimana serunya di sana. Moga2 bisa balik lagi ya Mbak, pun demikian buat pembaca yg udah ngiler pengen ke sana, hihi😄

    ReplyDelete
  21. Ihhhhh mandaaaa ke Paris Romantis banget sama Panda As Always, apakah kalau Ke Paris harus menikah dahulu ya Mandaaaaa😂😂

    ReplyDelete
  22. Ayo Manda.. kudoakan balik ke Paris lagi, oleh-olehnya hasil jepretanmu yang selalu kece-kece plus blog donkkk..

    ReplyDelete
  23. Jadi KFC sini ma sana tu beda yoo. Duuh Paris ini kota impian anakku moga kesampean ke sana. Aamiin.

    ReplyDelete
  24. Huaaa manda... mainnya udah jauh banget. Semoga aku sama suami bisa sampe ke Paris juga, kota cinta ��

    ReplyDelete
  25. aakkk beb, mupenggggg ini, doain aku sama suami juga bisa sampe ke situuu jugaa yakkkk, Sasha malah bilang pengen kuliah di Paris, doanya ya ontiiiii

    ReplyDelete
  26. Kalau ke LN makan halal pasti nemunya kebab, McD, KFC dan nasi biryani deh... :D aku juga gitu soalnya. Padahal bukan ke Paris. Tapi ya itu itu lagi yang dimakan haha

    ReplyDelete
  27. "aktivitas yang nakin capek dengan ranjang double" itu apa ya? Sungguh ku tak mengerti. Ahahahah


    Langgeng terus ya kalian dan semoga makin banyak tempat yang dikunjungi bersama :)

    ReplyDelete
  28. Wah, seeruuuuu ya mbak halan2 3 hari di Paris. Suamiku pernah juga dinas dari kantor ke Eropa, salah satunya Perancis. Emang tuh ga mudah mendapatkan resto halal. Ada sih dapat juga tapi tetep aja kepengen sambal dan nasi wkwkwkwk. Iya ya kudu bekal saus sambal sachetan dari Indonesia kapan2 hehehe.

    ReplyDelete
  29. Wah bulan madunya ke paris. Aku ke paris backpacker jd nginepnya di rumah orang, makannya di kantin mahasiswa biar murah mbak heheheh.

    ReplyDelete
  30. Waah seru bangeet ya Mbak acara jalan-jalannya. Tapi aku belum baca yg 3 jam jalan kaki sampai ke hotel. Hihi..untung ada bath up ya.

    Cari nasi emang susah ya disana. Aku dulu pakai dwidaya karena dapat hadiah sih. Jadi tour leadernya bawa kami ke tempat tempat yang ada nasinya.Pas ke Belanda malah yang punya restoran orang Indonesia.

    ReplyDelete
  31. Ingin juga kapan-kapan couple traveller ke LN nih. Pasti seru. Makanan halal rada ribet ya di LN, kalau engga fish & chips, KFC, resto Arab ya. Resto Chinese pun jarang yg ada tanda halal food. Jadi...mo ke mana lagi habis ini?

    ReplyDelete
  32. Seru banget bisa ke Paris bareng couple. Bingung juga, ya, cari nasi kau di luar, untung ketemu nasi briyani. Seneng lihat traveling bareng pasangan. Moga langgeng terus, ya, Manda dan Panda.

    ReplyDelete
  33. Klo keluar negeri pasti yang di cari terlebih dahulu makanan nya, lebih tenang klo ada yg menyediakan makanan halal

    ReplyDelete
  34. Wah dingin banget ya ternyata disana, jadinya harus pake jaket

    ReplyDelete
  35. (((tulisan organik)))
    Mungkin bisa disebut tulisan personal kali ya. Sesungguhnya, begitulah blogger di tahun-tahun awal berkembang: sebagai wadah untuk menceritakan tulisan personal. Aku setuju banget bahwa tulisan pribadi itu lebih enak ditulis dan dibaca orang daripada tulisan blog job. So, aku encourage banget bila ada temen-temen blogger yang mau perbanyak tulisan personal. Aku juga mendorong agar tiap blogger fokus dengan 1-2 kategori, bukan semua dibabat, agar bisa menjadi influence di bidang masing-masing.
    __________
    (batas curcol)
    __________
    Paris sebagai kota besar memang mustahil sih "ditaklukkan" dalam 3 hari. Di sana masih banyak imigran dari Timur Tengah, jadi mudah mencari kuliner halal. Jalan-jalan ke luar negeri memang nggak afdol ya tanpa kaki gempor :D

    ReplyDelete
  36. Nyesss banget malah baca yang bagian akhir, 11 tahun pernikahan 10 tahun saling kenal. Saya merasa adalah orang yang mudah bosan. Tapi baca tulisan kakak, jadi adem dan ikutan senang. Semoga hidupnya selalu diberkahi ya kak :D

    Banyak yang bilang Paris itu sudah more than overrated, jadi gak dimasukkan dalam bucket list. Tapiii ya gimana, karena Paris memang semenarik itu. Semoga saya bisa kesana suatu hari nanti :)

    ReplyDelete
  37. Waaah serunya jaj ke Paris. Salah satu destinasi yang aku pengenin.
    Tapi dari cerita kakak, kalau aku jadi kakak pasti kangen kuliner nusantara. hihihi
    Semoga aku bisa jalan-jalan kesana juga ^^

    ReplyDelete
  38. Halo mbak Manda, salam kenal.
    Asik banget nih honeymoon ke Paris. Pas pesen hotel nggak pesen yg single bed kah?
    Btw, biar di Paris romantic meal-nya tetep McD & KFC yaaa.
    Yang penting hepi mbak.

    ReplyDelete
  39. ketemu makanan yang familiar ketika di luar negri itu rasanya pasti lega banget ya mbak
    KFC jadi penyelamat deh

    ReplyDelete
  40. wahhh perjalanannya seru ya mbakk

    ReplyDelete
  41. Saya ngakak pas bagian couterpain. Saya banget lah ini. Segala koyo, counterpain, dan teman-temannya hahaha

    ReplyDelete
  42. Wah seru juga ya perjalanan ke Parisnya waktu itu.. penuh kenangaaaan...

    ReplyDelete
  43. Paris kota yang Romantis. Makanya seneng banget ya kak bisa jalan-jalan bareng pasangan hehehe. Tapi sungguh disayangkan itu kenapa kasurnya malah twin ya hahaha. 3 hari buat mengelilingi satu kota emang gak cukup sih ya. Jangankan di Paris, di kota-kota lokal dalam negeri pun rasanya gak cukup buat explore.

    ReplyDelete
  44. Duh kapan ya bisa ke Paris kayak Manda dan Panda, impianku nih ke Paris, New York dan Seoul hahaha...

    ReplyDelete
  45. Aku dua kali ke Paris, dan biasanya tinggal min 4 hari di Paris. Emang cantik banget kotanya ya, segala sudutnya menarik. Tapi sayang banyak copetnya hiks....

    ReplyDelete
  46. Rasa nasi biryani di sana kayak gimana mbak?

    ReplyDelete
  47. Serunyaaaa perjalanannya ke Paris mba... Semoga langgeng ya.. 10 tahun pacaran, 11 tahun menikah..oh wow what a blessing.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda

Featured post

Traveloka Xperience Bikin Puas Liburan di Yogyakarta

Traveloka Xperience telah melengkapi produknya untuk memenuhi kebutuhan traveling dan lifestyle para pelanggan setianya. Banyak bang...

IBX583576234EA4D