Sunday, 30 August 2015

Resep Pepes Mudah dan Murah Tanpa Daun Pisang Ala Manda

resep murah
Pepes Tahu Jamur Ala Manda

Ketemu lagi resep mudah dari dapur manda ya.. Wisata kulinernya jalan-jalan intip resep yang berhasil di uji coba di dapur manda. Sudah pasti resep-resepnya mudah dan bisa segera di eksekusi sendiri di dapur para bunda ya.. Manda bukan yang expert di bidang memasak, tapi hobi kuliner dan menjajal sendiri di rumah dengan menyesuaikan bahan dan alat yang ada. Kali ini kita akan membuat pepes tahu dan jamur yang istimewa enak menurut lidah panda dan manda.. Yuk, intip resepnya ya..

Steamer atau Kukusan

Emak dan bunda tentu punya kukusan atau steamer kan di rumah?




Yup bener banget, memasak menjadi lebih sehat kalau bahan-bahannya diproses akhirnya dengan dikukus *menghindari digoreng pokoknya*. Selain di kukus, bisa juga direbus atau dipanggang dengan oven.



Resep Mudah Membuat Pepes Tahu Jamur



Kalau manda merencanakan membuat masakan, biasanya manda googling : resep mudah pepes tahu jamur. Nah dari situ akan muncul resep-resep yang kita cari. Baca cepat bagian BAHANnya dan sesuaikan resep dengan bahan yang kita punya.Satu resep dengan yang lain terkadang hasil copasan *hehehehe* tapi ada juga yang memodifikasinya dan melengkapinya dengan pengalaman saat mencoba *ini yang biasanya saya baca keseluruhan*. Sudah menjadi kebiasaan manda untuk tidak patuh resep diberikan *kecuali saat membuat kue*, ketika membuat masakan manda sering mengubah takaran dan mengubah cara masak atau mengganti bahan, dan itu sah-sah saja selama enak dan pas di lidah kita. Tenang ajaaaa, memasak itu jauh lebih mudah karena bisa sesuka-suka hanya ditambah garam dan gula, dan tidak ada detail takaran seperti membuat kue.

Wuaaaa satu paragraf saja sudah melantur kemana-mana niiii.. Mari kita kembali ke resep yaa..

Bahan-bahan yang dibutuhkan :


RESEP PEPES
Bahan-Bahan Membuat Pepes

  1. 3 Bawang merah yang dihaluskan, 5 bawang merah yang diiris.
  2. 2 Bawang putih yang dihaluskan
  3. 1 jumput ketumbar dihaluskan
  4. Daun Salam secukupnya
  5. Batang Serai secukupnya
  6. 2 sdt Garam, 1 sdt Gula pasir
  7. 1 Cabe merah dihaluskan dan 2 cabe merah potong bulat
  8. 2 Cabe rawit merah potong serong (sesuai selera pedas)
  9. Tomat potong bagi 8 
  10. Tahu putih asin 1 kantong isi 10 buah.
  11. 1 kantong Jamur tiram direndam air garam dan disuwir-suwir.
  12. 1 kantong santan kecil
  13. 2 butir telur ayam (disesuaikan dengan banyaknya tahu dan jamur tiram yang dipakai)
Bahan-bahan di atas termasuk yang mudah diperoleh dan tahan 2-3 hari setelah dibelanjakan kalau masuk ke kulkas dan belum sempat dimasak.




Bahan yang Dihaluskan dan yang Dipotong

Siapkan bahan yang dihaluskan :
  1. 3 bawang merah
  2. 2 bawang putih
  3. 1 cabe merah
  4. 1 jumput ketumbar
  5. 2 sdt garam
  6. 1 sdt gula pasir

Menurut resep yang manda baca, semua bahan dicampur lalu dikukus. Nah kalau manda berbeda niii.. Ternyata rasanya lebih enak lho.. Jamur tiram yang digongso duluan *ditumis dengan minyak sedikit* akan lebih beraroma dan matang ketika dikukus. Nyaaaammm.. Baca terusannya di cara membuatnya yaaa..

Cara Memasak Pepes Tahu Jamur

Bahan yang Digongso

Bahan yang digongso :

Digongso itu ditumis dengan menggunakan sedikit minyak.


  1. 1 sdm minyak goreng
  2. 5 bawang merah yang diiris
  3. 2 cabe rawit potong serong
  4. 2 cabe merah potong bundar
  5. daun salam
  6. batang serai
  7. suwiran jamur
  8. 1 sdt garam

Proses menumisnya memasukkan bahan-bahan di atas secara berurutan sesuai resep manda di atas. Tidak perlu menggunakan air dan segera diangkat dan ditiriskan minyaknya.

tokopedia.com
Bahan yang SIAP dikukus

TIPS : Karena manda tidak persiapan untuk membuat pepes ini, maka tidak ada daun pisang yang bisa digunakan untuk menyemat adonan sebelum dikukus. Sebenernya bau daun pisangnya akan menjadikan pepes lebih nyuss dan nyam nyam.. Tapi tenang saja, daun salam yang khas cukup membuat pepes kita kali ini enaakk dan pepesss bangettt rasanya. TOP!

Saya menggunakan cetakan bolu kukus, lalu plastik putih yang saya gunting bagi 4 dari plastik sekiloan, dan menggunakan steamer siap menghasilkan pepes tahu jamur ala manda yang nyaaammm...

Campur Semua Bahan

Tidak ada yang sulit di tahap akhirnya, sisa masukkan semua bahan menjadi satu dan aduk rata. Saya melakukan testing dulu untuk rasa asin, dan ternyata masih butuh ditambah garam sedikit saat pagi ini saya membuat. Resep di atas sudah disesuaikan ya..

TIPS : Jangan lupa mencampur telurnya ya.. Telur membuat tahu dan jamur melekat sempurna saat dikukus. Oh iya, saat mencetak ke dalam kukusan, kasih daun salam yaaa.. Rasanya jadi MANTAAAPPP!!!

Siap Dikukus

Proses akhir mengukus selama 30 menit. 15 menit pertama dan kedua saling menukar tempat kukusan bertingkat yang saya punya. Coba tekan dengan garpu dan tarik, apabila tidak ada bagian yang melekat di garpu, maka pepes siap santappp dengan nasi putih hangat dan pangsit goreng.

Selamat menikmati hari Minggu dengan yang tersayang ya...

Salam,
Manda

15 comments:

  1. Wiiiihhh ngilerrr dan jadi laper lagi liat pepes ini Mak Prima (padahal baru aja makan hihihi). Gampang ya resepnya. Bisa tuh ditiru ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mak vhoy... enaakk juga dipakai gadon....selamat mencoba yaaa *kirimin kalau udah mateng yaaa*

      Delete
  2. Mandaaaa, aku sayaang padamuu...aku punya itu alat masak warnanya sama persis, daan sepertinya merknya juga sama ;). Kado itu slama ini cm ngejogrog di lemari. Ya ampun kmana aja aku baru tau itu steamer. Dan baru tau jg gitu tho manfaatnya wkwkwkwkwkkkk...

    sesuk nek bojoku bali tak bikinin persis kayak gini dan pake STEAMER itu pastinya ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. maakk kachaaannn,,, sayang padamuu dan kinull yaaaa... ayukk dipakai tuh steamernyaaa, ituu kukusan 1000 umat lhooo.. hahahhahaha.. icip yaa kalau udah berhasil... *_*

      Delete
  3. Makasih ya Maaak. Bisa nih dicoba di rumah :D Lho,baru tahu nama panggilannya Manda Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak liyaaa, iyaa ini mandaaa.. kemarin ketemu belum manggil manda yaaa, hihihihi.. kalau sudah coba, undang2 yaaa mak liyaaa.. ^_^

      Delete
  4. wahh pake kukusan dan cetakan bolu yaaa..ngilerrr....

    ReplyDelete
  5. Pepes Jamur, saya suka saya suka. biasanya jajan beli di dekat rumah...

    ReplyDelete
  6. Nyammmm enaknya. Aku suka pepes tahu. Btw, idenya hebat, euy. Pengen niru. Sambil mau make kukudan baruku juga... ira

    ReplyDelete
  7. Main ke rumah ah.. Siap2 disuguhi pepes tahu-jamurnya yaaa...

    ReplyDelete
  8. Enaknya, di Gresik itu Daun pisang mahal mbak, 2000 dapat selembar, kecil, sobek sobek juga, makanya seringnya bikin pepes tanpa daun

    ReplyDelete
  9. Terlihat enak pepesnya mbak. Sayang aku kurang doyan pepes tahu, kalo ikan doyan :D
    Oh ya aku pernah bikin pepes dengan cara dikukus, tapi tetap pakai daun.

    ReplyDelete
  10. pepes tahuuu favoritekuu klo di rumah..
    tenyata bisa juga begini yaa pakai cetakkan

    ReplyDelete
  11. ini menu favoritkuuuu ^o^... segala yg berbau tahu dan jamur sih biasanya aku memang suka.. tapi kalo dibikin pepes suka kalap :D.. malah kdg digadoin gitu aja tanpa nasi :D

    ReplyDelete
  12. enak sekali menu pepesnya mbak, salah satu menu favorit aku nih

    ReplyDelete

Mohon diberi masukan membangun agar kami bisa menyajikan informasi yang lebih berguna bagi para pembaca sekalian. Terima kasih.

Featured post

Uji Kehandalan ZenFone Zoom S di ZenFinity 2017

ZenFone Zoom S ZenFone Zoom S cocok untuk smart traveler , karena menjadi traveler membutuhkan ZenFone Zoom S untuk menemani keseh...

IBX583576234EA4D