Tips Liburan Murah Meriah Ala Manda

Tips Liburan Murah Meriah
Tips Liburan Murah Meriah

Seneng ya kalau bisa mengisi hari libur, baik di akhir pekan atau tanggal merah, dengan kegiatan jalan-jalan atau tamasya atau liburan. Ya, tamasya adalah obat untuk mengatasi kejenuhan dari rutinitas bagi panda yang bekerja. Sekaligus buat manda, liburan adalah bahan postingan untuk dibagi info dan pengalamannya ke sahabat tamasyaku. Sebegitu sayangnya manda dengan sahabat tamasyaku, kalau kemanapun ingin sebenarnya menuliskan DOs dan DONTs nya, tapi waktu dan moodnya nunggu kepepet, hihihihi. Dimaafkan ya. #kedip-kedip. 


One Day One Post, hari minggu ini tulisannya tentang Tips Liburan Murah Meriah ala Manda. Siapa bilang liburan itu harus mahal? Liburan mahal itu hanya bergantung dari definisinya. Kalau liburan diartikan harus ke luar negeri, harus menginap di hotel berbintang, harus berupa staycation di bintang 5, harus pulang membawa oleh-oleh yang mewah, serta harus ke tempat wisata yang mahal, ya liburan menjadi mahal. Trus kapan liburannya? Atau malah liburannya menjadi beban, ya kan? 

Liburan, definisinya menurut manda, aktivitas yang dilakukan di dalam/luar rumah, di luar rutinitas, dinikmati bersama, dan sesudahnya meninggalkan kesan dan kenangan. 

Nah lho, susah ya definisi liburannya, wkwkwkwkwkwk. Biar nggak susah, intip yuk tips liburan murah meriah ala manda yang pernah juga manda persiapkan untuk family trip kami.

Tips satu, rencanakan liburan yang tidak perlu membeli tiket.

Sering dari kita, menngartikan liburan sebagai sesuatu yang lebay dan pemborosan. Liburan yang murah meriah disarankan manda adalah liburan yang tidak perlu membeli tiket, baik itu tiket bus, kereta api, kapal atau pesawat. Liburan yang bisa ditempuh jalur darat dengan kendaraan pribadi. Setidaknya bolehlah sesekali rental mobil untuk membawa serta kesayangan. Karena liburan yang ramai-ramai bersama kesayangan, essensi bahagianya di keramaian itu. 

Bepergian di tempat yang baru di wilayah sekitar kita pun juga namanya liburan. Manda aja masih punya bayak PR liburan di sekitar Yogyakarta. Buktinya, di kebun teh dan kali biru saja, kami www.tamasyaku.com belum pernah menyambangi. Kalau daerah selatan, di air terjun sri getuk dan gua pindul pun, kami www.tamasyaku.com belum pernah ke sana. Seru kan, masih punya banyak PR liburan murah meriah di sekitar Yogyakarta.

Tips Liburan Murah Meriah
Tips Liburan Murah Meriah

Tips dua, kuliner favorit dan legendaris, khas kota yang dikunjungi.

Liburan juga bisa diartikan mencoba hal baru, seperti kulinernya. Kuliner yang diminati di suatu kota, seperti : angkringan kalau di Jogja, mi ongklok kalau di Wonosobo, timlo solo dan sego liwet kalau ke Solo, bakso favorit sebuah kota, es pankuk dan mi kocok seperti di Semarang, kupat tahu di kota Magelang, dan masih banyak kuliner lokal yang bercitarasa dunia, siap mewarnai liburan kita di suatu kota.

Tips tiga, liburan yang tidak perlu bermalam.

Sama masuk akalnya dengan tips pertama, kalau kita liburan di tempat-tempat baru di dalam kota, maka budget bisa ditekan karena tidak perlu bermalam atau menginap. Kecuali, kita nyaman dan ada saudara yang bisa ditumpangi semalam. Selain bikin liburan jadi lebih hangat, juga kita bisa menghemat budget liburan.

Tips empat, liburan beramai-ramai dan patungan.

Nah, bagi pengantin baru yang masih muda atau family trip yang punya teman hobi berlibur juga, cara patungan liburan sepertinya asyik. Beban liburan bisa dibagi sesuai jumlah orang yang diajak. Ketika mengajak orang banyak pun, memesan makanan tidak menjadi sia-sia. Kadang kita makan untuk porsi 1 orang, 1 nasi dan 1 lauk. Ketika sayur dan lauk kebanyakan dipesan, itulah salah satu alasan kenapa liburan selalu memberi kesan mahal.

Dengan empat tips liburan murah meriah ala manda di atas, semoga semakin banyak keluarga yang menyempatkan untuk family trip atau mendefinisikan waktu-waktu bersamanya sebagai sebuah liburan keluarga. Karena, waktu tidak akan pernah kembali. Dan masa muda itu tidak lama.

Gantian sharing yuk, kalau menurut temen-temen, bagaimana caranya menghemat budget liburan atau bagaimana mensiasati liburan agar murah meriah? Ditunggu yaaa.

33 comments

  1. elton19:50

    setuju dengan tipsnya..kita bisa menggali kekayaan budaya dan kuliner lokal agar semakin dikenal dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa panda... tapi kenapa kita ke kemuning dan buka ke kebun teh di dlingo? wkwkwkwkwkwk..

      Delete
  2. Liburan seputaran Jogja itu udah murce abis menurutku. Ke daerah Malioboro aja udah dpt hiburan gratisan macam2. Jogja oh Jogja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja memang pancen oye

      Delete
    2. Jogja emang selalu ngangenin dan muraaaahh...

      Delete
  3. Aku mah hemat terus Manda, lha paling seputar Karanganyar dan Solo, qeqeqe. Terakhir ke Tawangmangu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuaaa mak ety, enaknyaaaa bisa explore karanganyar yaa.. aku belum semua di sanaaaa...

      Delete
  4. Liburan yang paling murah itu di rumaahh..berkebun, buat handmade..layeh leyeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba yurma, segala tentang aktivitas di rumah adalah hiburan yaa...

      Delete
  5. Kurang-lebih sama, Mbak. Untuk menekan biaya liburan ya cari tempat wisata lokal aja, toh, kadang kita belum pernah berkunjung ke lokasi-lokasi wisata terdekat. Selain hemat biaya, juga hemat waktu. Bisa pergi pagi pulang sore.

    Btw, salam kenal ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali, iya untuk itu butuh badan yang fit kalau mau liburan yang tolak dan nggak menginap..

      Delete
  6. Kemuning bagus manda.. Aku masih belum ke nglambor, sri gethuk, gua pindul, umbul apa itu yg di klaten? Dan banyak pantai baru lainnya di wonosari juga belum. Hiks. Mupeng=)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kemuning bagus, tapi jangan februari-maret, karena di ndoro dongker musim ditebangi pohon tehnya.. hahahahaha

      Delete
  7. AKu tambahin tipsnya yaa. Liburan di Jogja ditraktir sama Mba Ima haha. Irits di aku, tekor di Mba Ima hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak papa tekor, kalau buat mak irit yang boleh irit kan mak irit aja.. wkwkwkwkwk.. takut kualat kalau ikutan irit.. hehehehe

      Delete
  8. Bersyukur tinggal di Jogja yang punya banyak destinasi wisata yang keren. Nggak perlu nginep dan biayanya pun lebih murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. benaarrr mak ika, dan itupun belum explore semuanyaaaaaa.... ayuk kapan BCJ piknik bersama..

      Delete
  9. Aku juga pengen banget keliling Indonesia deh... banyak tempat-tempat wisata oke punya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaaa... saya juga mba... masih listing banyak niihh....

      Delete
  10. untuk liburan murah dan bagus tidak perlu keluar negeri, di indonesia banyak wisata-wisata yang tidak kalah menarik dengan luar negeri. banyak juga wisata yang gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benarrr... wah link aqiqahnya boleh ni besok dicoba, terima kasih informasinya..

      Delete
  11. liburan tidak perlu yang mahal-mahal cukup yang murah aja. ngirin uang hehe

    ReplyDelete
  12. Liburan murah meriah dan bergizi itu ya dengan menemani sahabat2 JJS waktu datang ke Semarang itu. Ga perlu keluar ongkos transport berlebih, khususnya utk aku lho ini hahhahaa.. lha nebeng mobilnya Panda Manda kemana2 huhuuuyy... Already miss u, Manda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu ke semarang dan ketemu di jogja pas liburan ya mbaknik.. miss u too.. emmuuaacchh.. ajak aku ke tahu petis dan lumpia delight yaa..

      Delete
  13. Yusp, setuju Manda. Yg deket dan ga ngabisin duit, yg penting otak jadi seger bin hepi hihihi

    ReplyDelete
  14. Paling enak memang liburan di kota sendiri sampai tempat wisata dan kuliner habis dijelajahi ya.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  15. sangat sepakat dengan dengan definisi liburannya
    tak perlu ke luar kota or luar negri
    salam sehat dan happy

    ReplyDelete
  16. Tapi jangan yg terlalu murahan yaaa nanti lelah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yessss, bener kakak... Nggak mau juga nanti hayati lelah abang, heheheheheehe

      Delete
    2. Yessss, bener kakak... Nggak mau juga nanti hayati lelah abang, heheheheheehe

      Delete
  17. Nomer 1 itu masih PR ih bagi saya hihihi secara tinggal di Solo ini bisa menjalankan nomor 1 dan nomor 3 berbarengan :D
    Kalo saya sih suka bikin itinerary ya mak :D biar ke-organize gitu

    ReplyDelete
  18. liburan bareng2 emang paling asoy kalo aku, rame bisa ketawa ketiwi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda