Rindu Berkereta Api ke Bandung, Kemana Aja ke Bandung?


Kenangan itu mahal harganya, tidak terulang dan tidak bisa diputar kembali. Beruntung sekali ada pencipta kamera yang mampu menyimpan gambar dan peristiwa di sebuah rentang waktu. Itupun yang kualami, Corona sudah berumur 1 tahun bulan Maret lalu. Sungguh sebuah keadaan yang tidak dibayangkan sebelumnya apa itu Corona. Pun demikian Manda dan Panda, bersyukur masih merayakan ulang tahun Manda di Februari 2020 kemarin. Salah satu rangkaian kadonya dari Panda adalah liburan ke Bandung dalam rangka menghadiri ultah adek bungsu tetehku, yeaaayy perjalanan yang ternyata menjadi kenangan yang baru dituliskan hari ini karena rindu yang menyesak dada.

Rindu Naik Kereta Api

 



Hal yang tidak begitu kita suka tapi pernah, ketika sudah lama tidak melakukan jadinya rindu. Rindu naik kereta api. Walaupun capek lama di jalan dengan posisi yang sama, tapi di pandemi Corona ini, setiap kali liat foto-foto di stasiun dan bandara ada terbersit rasa rindu. Ya! Rindu bepergian.

Perjalanan ke Bandung menggunakan kereta api biasanya dilakukan di hari Jumat malam (membuka akhir pekan) karena menyesuaikan waktu libur Panda. Alhamdulillah, meskipun sebelum Februari 2021 setiap kali bepergian hanya di akhir pekan (peak season) tetapi Alloh mudahkan rezeki kami untuk bersyukur dan melihat ciptaanNya.


Iya, auranya kalau akhir pekan dan jalan-jalan emang beda! I love traveling. Buanyak foto-foto di folder dan tidak dituliskan ceritanya karena excuse Manda dalam menuliskan di blog ini, hahahaha. Jelang Ramadan ini, Manda ingin menuliskan cerita perjalanan yang tersimpan di folder komputer. Semoga cerita pengalamanku bisa membantu teman-teman merencanakan perjalanan kemana setelah Corona berlalu ya.

Baca juga: Kemana Saja Saar Liburan ke Bandung?


Menikmati Perjalanan dengan Kereta Api

Bagi orang yang terbiasa bepergian dengan kereta api, tentunya menyenangkan. Tapi bagi Manda yang harus duduk di posisi yang sama dalam wktu kurang lebih 6-8 jam, rasanya tersiksa. Apa yang biasanya membuat Manda merasa nyaman berada di dalam kereta.


Perjalanan Kereta Januari 2020


  1. Siapkan aktivitas selama di dalam kereta api, mungkin menyelesaikan deadline supaya tidak terasa waktunya kalau di dalam kereta. Membawa laptop ZenBook Flip sangat nyaman dibawa serta saat bekerja di kereta, karena memungkinkan dilipat dan berat laptop yang ringan.
  2. Mendengarkan musik dengan headset atau mengedit video dengan menggunakan smartphone.
  3. Tidur untuk tetap bisa sehat ketika sampai di tujuan.


Bertemu Keluarga dan Silaturahmi



Memanfaatkan momen jalan-jalan sekaligus bersilaturahmi dengan keluarga yang tinggal di beda kota. Keluarga Bandung ada tante Wiwin, om Ibnu  dan bulek Hesti. Keluarga yang kalau kita di Bandung selalu saja membuka tangan untuk menerima dan menawarkan menginap di Arca Manik. Tetapi lagi-lagi Panda dan Manda, banyak menolaknya daripada mengiyakan.


Kenapa lebih memilih menginap di hotel daripada di rumah saudara? Karena kami berdua tidak nyaman ketika harus merepotkan soal makan, nyuci sprei setelah kami pulang, dan menganggu aktivitas keluarga yang diinapi. Lebih nyaman di hotel, bebas mau ngapain aja karena sudah jelas membayar. 


Selalu disempatkan untuk silaturahmi ketika pergi ke Bandung karena om dan tante yang baik hati ini. Oh iya, alasan kami ke Bandung juga untuk hadir di pernikahan adek bungsu kakak ketemu gede di Jerman.

 

Senangnya bisa ke Bandung lagi untuk bersilaturahmi. Selain silaturahmi, Manda Panda juga akan bercerita tentang banyak hal selama 2 hari 1 malam di Bandung. Apa aja wisata kulinernya?
Simak setelah ini ya.

 

Apa yang membuat rindu saat berkereta api? Memesan minuman panas di kereta, menikmati makan di kereta, melihat stasiun demi stasiun dan sesaat sesudahnya merasa liyat liyut karena masih terbawa saat naik kereta api. 


Bertemu dengan Teman S2 di Bandung


Sebuah niat untuk silaturahmi, selalu saja dimudahkan olehNya. Terbukti dengan kemudahanNya membuat saya dan teh Icih bertemu di Bandung, walau hanya untuk makan malam di KFC. Senangnya setelah puluhan tahun tidak bertemu. Bercerita tentang banyak hal ketika masih duduk di bangku S2 Matematika dan teh Icih ngekos bersama putrinya yang masih berusia 3 tahun saat itu. Sungguh sebuah perjuangan!

Semoga Pandemi Segera Berakhir


Tulisanku tentang berkereta api melangitkan doa semoga Corona segera berlalu dan kita bisa bebas kemana saja tanpa ada rasa takut dan khawatir. Dan semoga kita semua dilindungi dan panjang usia, aamiiin.



Oleh-Oleh dari Bandung

Manda Panda dan oleh-oleh, itu identik. Karena bagi kami, oleh-oleh adalah tanda sayang bagi mereka yang tidak bisa ikut serta melihat kota Bandung. Mulai dari kuliner yang menjadi favorit mama, Bolen Kartika Sari, sampai roti Bandung isi smoked beef yang menjadi kesukaan papa mertua. Sudah terbungkus rapi untuk siap dibawa pulang.


Kereta api pun sudah siap membawa kami pulang kembali ke kota Jogja.

 



Alhamdulillah, bisa melanjutkan tali silaturahmi sebagai adek yang turut berbahagia di pernikahan adek bungsu dari teh Intan. Semoga Alloh menjaga persahabatan kita. Aamiin.



 


No comments

Terima kasih sudah meninggalkan jejak komentar di www.tamasyaku.com. Fast response, silahkan email ke suryani19ep@gmail.com ya. Mohon maaf untuk moderasi komentarnya. Salam, Manda